Teater Keong Mas sebagai satu ikon Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Teater tersebut menayangkan film layar lebar mengenai keindahan Indonesia serta dunia. (Foto: Bayu Prasetyo)

Jakarta, (jakartalounge) – Apakah anda ingin keliling Indonesia untuk
mengetahui budayanya tanpa mengeluarkan banyak biaya? Tidak perlu repot-repot, karena di Jakarta ada Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang memiliki sejumlah anjungan suku-suku di Indonesia serta wahana hiburan lainnya.

Taman yang buka sejak pukul 07.00 hingga 21.00 WIB ini memiliki 26 anjungan daerah asal Indonesia yang terletak mengelilingi danau dengan miniatur kepulauan Indonesia.

Di dalam anjungan tersebut terdapat museum kebudayaan adat serta menjual pernak-pernik khas daerah. Bahkan di beberapa anjungan terdapat kuliner khas daerah masing-masing, seperti kerak telor dari DKI Jakarta maupun rawon dari Jawa Timur.

Anjungan tersebut sangat baik bagi pembelajaran anak-anak yang ingin mengenal lebih dalam tentang ke-Bhineka Tunggal Ika-an Indonesia melalui ragam budaya dan adatnya.

Setiap Sabtu dan Ahad masing-masing anjungan memiliki kegiatan khas daerahnya dengan di dukung pemerintah dari masing-masing daerah.

Tidak hanya anjungan, di TMII juga terdapat sejumlah wahana hiburan seperti Museum Migas, Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Museum Prangko, Museum Transportasi, Museum Asmat, Taman Akuarium Air Tawar, Taman Burung serta Snowbay Waterpark untuk bermain air.

Tiket masuk ke TMII hanya dipatok 9 ribu rupiah per orang dan untuk memasuki wahana hiburan lainnya, pengunjung dapat membeli tiket di masing-masing loket wahana dengan harga terjangkau yang berkisar mulai dari 2 ribu hingga 120 ribu rupiah untuk Snowbay Water Park.

Guna menarik pengunjung, pengelola TMII sering mengadakan pementasan kesenian adat serta pelatihan tarian daerah maupun konser dangdut dan band ternama. (Bayu Prasetyo)