Viaggio Segreto (Priory.com)

Jakarta, (jakartalounge) – Instituto Italiano di Cultura Jakarta akan memutar film Italia berjudul Viaggio Segreto (Perjalanan Rahasia) pada Rabu (10/8) pukul 19.00 WIB.

Pusat Kebudayaan Italia di Jakarta yang berlokasi di jalan HOS Cokroaminoto 117 Menteng ini mengadakan pemutaran film gratis dalam pekan film Italia IIC Cine Club 2011 sebagai bagian dari pemerintah Italia dalam mempromosikan pertukaran budaya Indonesia dan Italia.

Film ini menceritakan tentang seorang psikoanalisis bernama Leonardo yang mencoba menghilangkan ingatan akan masa kecilnya yang menyakitkan dengan menyibukkan diri dengan pekerjaannya.

Leonardo menjaga sebuah hubungan baik dengan adik perempuannya, Ale, yand sangat rapuh secara psikologis. Ale akan menikahi seorang seniman yang berniat untuk menghadiahinya sebuah rumah tanpa sepengetahuan Ale.

Rumah yang berada di Sisilia itu adalah rumah di mana Ale menghabiskan masa kecilnya sebelum pindah ke Roma.
Leonardo mengetahui bahwa rumah itu dijual dari sebuah surat yang dikirimkan oleh seorang pendeta kepada dirinya.

Ia pun melakukan perjalanan ke sana, yang mana memaksanya untuk mengingat kembali kejadian-kejadian tragis yang terjadi di rumah itu. Kejadian yang membekas baik di hidupnya maupun di hidup adik perempuannya.

Film bergenre drama produksi tahun 2006 ini berdurasi sekitar 107 menit dan disutradarai oleh sineas kelahiran Palermo, Italia, Roberto Ando.

Karya Ando yang lain adalah sebuah film dokumenter berjudul The Filmmaker and the Labyrinth yang menampilkan sutradara terkenal Martin Scorsese dan juga John Turturro.
Viaggion Segreto juga akan diputar Sabtu (13/8) pukul 16.00 WIB di IICJakarta. (Aditya Eko Sigit)