Penjual tempe mendoan Stasiun Juanda. (Aditya Eko Sigit)

Jakarta, (jakartalounge) – Jakarta tidak hanya menjadi “melting pot” bagi suku-suku dari dalam negeri maupun luar negeri, namun kota ini juga mempunyai keanekaragaman makanan tradisional Indonesia.

Salah satunya adalah sejenis makanan ringan bergizi yang disebut tempe mendoan. Tempe Mendoan berasal dari daerah Purwokerto. Kata “mendoan” berasal dari bahasa Banyumasan “mendo” yang berarti setengah matang.

Tempe yang terdiri dari susunan biji kedelai yang terfermentasi jamur ini digoreng setengah matang setelah dibalur dengan adonan tepung beras, tepung kanji, ketumbar, bawang putih, kunyit, garam dan diberi irisan daun bawang.

Bukan hanya digemari di daerah asalnya, tempe mendoan juga sudah mulai banyak digemari di Jakarta.  Salah satu penjual tempe mendoan yang gurih dan lezat bisa kita temui di Stasiun Juanda, Jakarta Pusat.

Dengan harga 2 ribu rupiah per potong, anda sudah dapat menikmati rasa gurih dan lembutnya tekstur tempe mendoan ini di lidah anda. Cabai rawit atau sambal kecap juga menjadi pilihan bagi anda yang menyukai pedas untuk menambah rasa yang khas pada tempe ini. Selamat menikmati. (Aditya Eko Sigit)